Wali Kota Mataram Lepas Peserta Penas Petani Nelayan dan Bagikan Alsintan
02 Mei 2017 962 View

Wali Kota Mataram Lepas Peserta Penas Petani Nelayan dan Bagikan Alsintan

MATARAM – Menjelang Pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan ke-XV yng akan digelar di Provinsi Aceh pada tanggal 5-11 Mei 2017 mendatang, Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh melepas 48 orang peserta yang merupakan utusan dari Kota Mataram. Pelepasan peserta Penas Petani Nelayan dilaksanakan di Halaman Pendopo Wali Kota Mataram pada Kamis (27/04/17), dirangkaikan dengan penyerahan alsintan atau Alat Mesin Pertanian bagi kelompok-kelompok tani Kota Mataram. Selain dihadiri oleh para peserta Penas Petani Nelayan dan anggota kelompok tani penerima bantuan alsintan, acara dihadiri pula oleh Ketua KTNA Provinsi Nusa Tenggara Barat Sabri M. Amin dan jajaran OPD terkait lingkup Kota Mataram.

Dalam laporan yang disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram HL. Mutawalli dikatakan bahwa 48 orang yang akan diberangkatkan menuju Aceh terdiri dari 35 orang anggota kelompok tani berprestasi Kota Mataram, delapan orang pendamping, dan lima orang peninjau, yang diharapkan mampu membawa nama Kota Mataram di tingkat nasional setelah berhasil meraih juara kedua di tingkat Provinsi NTB pada Pekan Daerah (Peda) ke-XV NTB akhir tahun 2016 lalu. Sementara untuk bantuan alsintan yang diserahkan berupa; 7 unit hand-tractor, 25 unit pompa air, 2 unit rice-transplanter, 144 unit hand-sprayer dan 22 unit multivator, yang berasal dari APBN dan APBD Kota Mataram. “Di Kota Mataram, kita kekurangan tenaga untuk membajak, menanam, memanen, dan lain-lain. Hampir setiap tahun harus dibantu dengan alat-alat”, terangnya.

Terkait bantuan alsintan, dikatakan Wali Kota Mataram bahwa jumlah alat pertanian yang dibagikan tampaknya belum cukup apabila dibandingkan dengan kebutuhan para petani di Kota Mataram. Meski memiliki luas lahan pertanian yang paling kecil diantara kabupaten/kota lain di NTB, namun Kota Mataram memiliki tingkat persoalan yang berbeda dengan adanya kekurangan tenaga pekerja pertanian atau buruh tani. Lagipula para petani diyakini Wali Kota tidak akan sanggup untuk memberikan upah setara dengan upah untuk jenis pekerjaan lain bagi pekerjanya, sehingga pengadaan alsintan diyakini dapat menjadi solusi. “Nanti kita sesuaikan secara bertahap bagaimana menyisihkan  APBD untuk menambah jumlah alsintan, selain dari pusat yang melalui DAK”, ujarnya.

Sementara terhadap para peserta yang akan diberangkatkan untuk mewakili Kota Mataram dan Provinsi NTB dalam Penas ke-XV di Aceh, Wali Kota berharap agar dapat ikut menjaga citra Kota Mataram dan Provinsi NTB dengan berpartisipasi secara aktif dalam pelaksanaan Penas nanti. Wali Kota berencana akan menyusul menuju Aceh menyertai rombongan peserta asal Kota Mataram bila dua agendanya di pusat yang dijadwalkan sesaat sebelum pelaksanaan Penas dapat selesai tepat waktu. “Tahun 2016 kemarin dalam kegiatan Pekan Daerah kita mendapat peringkat kedua. Tapi saya yakin dan percaya peserta yang akan berangkat bisa meraih prestasi yang lebih tinggi lagi”, tutupnya. (ufi/yud-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Spanduk Ramadhan 1440 HSSH 2019

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat