Wakil Wali Kota Buka MTQ ke-XXVII Tingkat Kota Mataram
May 13, 2014 9,936 View

Wakil Wali Kota Buka MTQ ke-XXVII Tingkat Kota Mataram

MATARAM – Setelah diawali Pawai Ta’aruf yang dilepas oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh pada Minggu (07/05/17), pada hari yang sama petang harinya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXVII Tingkat Kota Mataram dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Rolikana. Pembukaan MTQ ke-XXVII Tingkat Kota Mataram yang digelar di lokasi utama penyelenggaraan di Lapangan Garuda Lingkungan Lendang Re Kelurahan Sayang-Sayang Kecamatan Cakranegara Kota Mataram dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito beserta jajaran Kepala OPD lingkup Kota Mataram, para tokoh masyarakat dan tokoh agama, serta masyarakat sekitar lokasi.

Dikatakan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Mataram H. Husnan Ahmadi, penyelenggaraan MTQ merupakan satu dari tiga program utama LPTQ yang dianggap sangat penting untuk mensyiarkan nilai-nilai Al-Qur’an dan menjadikan Al-Qur’an sebagai magnit besar dalam kehidupan masyarakat muslim di Kota Mataram. Tiga program dimaksud adalah Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) yang dilaksanakan setiap tahun, MTQ, dan program yang baru dicanangkan tahun 2016 lalu, Serep Jelo Lalo Ngaji atau Maghrib Mengaji, program khusus yang dihajatkan untuk mengembalikan kebiasaan masyarakat sebagai bentuk kearifan lokal untuk pergi mengaji pada setiap waktu terbenam matahari. Seperti yang dilakukan oleh para pendahulu yang belakangan tampak telah ditinggalkan.

Sementara dalam sambutan Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana dikatakan bahwa pembukaan MTQ ke-XXVII Tingkat Kota Mataram sejak dimulai dari pelaksanaan Pawai Ta’aruf berlangsung baik dengan antusiasme masyarakat yang cukup tinggi. Selain memberi apresiasi atas penyelenggaraan acara, pada kesempatan tersebut Mohan juga mengingatkan bagi semua pihak yang diberikan amanah untuk melaksanakan kegiatan, termasuk Dewan Hakam, untuk mengawal kegiatan dengan penuh kejujuran dan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab dan keikhlasan. Karena penyelenggaraan MTQ merupakan upaya untuk menumbuhkan rasa cinta pada Al-Qur’an, khususnya bagi anak-anak muda. “Kegiatan seperti ini dapat membangkitkan keinginan anak-anak muda untuk membaca dan mendalami Al-Qu’an, serta menunjukkan prestasi”, ucapnya.

Meskipun kegiatan tersebut dikompetisikan lanjut Mohan, dirinya berharap agar tidak terjadi disorientasi karena kompetisi semata-mata dilaksanakan untuk memberi motivasi. Karena itu dirinya menekankan agar pihak yang berwenang menangani pelaksanaan MTQ tidak hanya mengejar prestise dengan mengambil peserta dari luar Kota Mataram. Mohan meyakini  MTQ yang dilaksanakan dengan sistem berjenjang melalui seleksi demi seleksi akan dapat benar-benar menjaring potensi-potensi terpendam di Kota Mataram yang bila diberikan kesempatan akan dapat menunjukkan kemampuannya. “Di Mataram ini pasti banyak mutiara-mutiara terpendam yang akan dapat bersinar bila diberi kesempatan. Saya terima apapun hasilnya, apapun hasilnya pasti bisa bisa membanggakan”, tegasnya.

MTQ ke-XXVII Tingkat Kota Mataram tahun 2017 di Kecamatan Cakranegara dilaksanakan selama lima hari efektif, mulai hari Minggu tanggal 7 Mei sampai dengan penutupan pada hari Kamis tanggal 11 Mei 2017. MTQ tahun ini mengambil tema ‘Melalui MTQ Tingkat Kota Mataram Kita Wujudkan Harmoni Keragaman Untuk Memperkokoh Ukhuwah Islamiah dan Wathoniah’. Melalui kegiatan MTQ ini sekaligus diseleksi peserta sebagai kafilah yang akan mewakili Kota Mataram dalam MTQ Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat yang akan datang. Peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah total 381 orang, terdiri dari 145 orang peserta serta 36 orang pelatih dan ofisial. Sedangkan Dewan Juri atau Dewan Hakam yang dilibatkan terdiri dari 70 orang untuk seluruh mata lomba. (ufi/nyem-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Logo HUT NTB 2017Website Elektronik Warta Kota Mataram

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 5,003 Visit
Kemarin : 5,584 Visit
Bulan Ini : 98,809 Visit
Tahun Ini : 545,001 Visit
Total : 547,721 Visit
Detail Statistik