Selamat Datang!
  • Bundaran Kota Mataram

  • Pendopo Kota Mataram

  • Kota Tua Mataram

  • Bundaran Eks Bandara Selaparang

  • Taman Udayana

  • Penghargaan Adipura

  • Munas Akkopsi (Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi)

  • Taman Selagalas

  • Festival Keraton dan Masyarakat (FKMA) Asia Tenggara II

  • Taman Loang Baloq

  • Taman Sangkareang

  • Green Belt - Taman Udayana

  • Taman Tugu Udayana

  • Taman Beringin

Kamis, 24 Juli 2014
Mari Kita Wujudkan Kota Mataram Yang Maju, Religius dan Berbudaya
PENYULUHAN KESEHATAN AWALI RANGKAIAN PERINGATAN HARI KARTINI 2013
Dipublikasikan : 13 April 2013

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Mataram ND Kinnastri Mohan Roliskana S.Sos dalam sambutan tertulis yang dibacakan Hj Swastining Diah Ramdhani Zaini mengatakan, kegiatan penyuluhan deteksi dini kanker leher rahim menandai dimulainya rangkaian peringatan Hari Kartini tahun 2013 Kota Mataram. Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April menjadi hari yang sangat penting bagi kaum wanita di seluruh Indonesia.
‘’Berkat inisiatif awal RA Kartini, kaum wanita di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk untuk sejajar dengan kaum pria. Untuk itu, kaum wanita harus ikut berpartisipasi aktif dalam mensukseskan berbagai program pembangunan yang telah ditetapkan Pemerintah Kota Mataram, dengan berperan aktif dalam berbagai organisasi wanita di Kota Mataram yang saat ini berjumlah 20 organisasi,’’ jelasnya.
Dikatakannya, berbagai kegiatan yang telah dilakukan organisasi wanita tidak hanya untuk kepentingan kaum wanita atau para ibu, tetapi juga berdampak langsung kepada masyarakat umum. Ketua GOW Kota Mataram menyambut baik diadakannya penyuluhan ini diikuti dengan pemeriksaaan infeksi visual asam asetat (IVA) pada hari Sabtu (13/4) di Puskesmas Mataram.
Melalui penyuluhan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan semua wanita untuk lebih mewaspadai terhadap kanker leher rahim. Ketua GOW Kota Mataram meminta kepada para peserta penyuluhan agar menyebarluaskan pengetahuan yang didapat kepada keluarga, dan kerabat wanita lainnya. ‘’Sehingga kaum wanita di Kota Mataram dapat berada pada kondisi kesehatan yang prima untuk mampu mengoptimalkan potensi diri dalam menunjang pembangunan di Kota Mataram,’’ ujarnya.
Dalam kesempatan itu, Ketua GOW Kota Mataram mengajak seluruh waaita di Kota Mataram mensukseskan berbagai program kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kartini tahun ini. Sebagaimana tema peringatan tahun ini, ‘’Melalui peringatan Hari Kartini tahun 2013 kita tingkatkan peran kaum perempuan menuju terwujudnya sumber data manusia yang berkualitas’’.
Sementara itu, Ketua POGI cabang Mataram Dr Dody Ario Kumboyo SPOGK mengatakan, kanker leher rahim bisa diatasi karena penyebab sudah bisa diketahui berkat kemajuan ilmu pengetahuan, dan teknologi kesehatan yang bisa memastikan penyebab kanker leher rahim. ‘’Dengan majunya teknologi kedokteran, penyebab kanker leher rahim bisa dideteksi dini, sehingga memudahkan dalam memberantasannya,’’ kata dokter ahli kandungan ini.
POGI cabang Mataram telah melakukan kegiatan pelatihan kepada para dokter dan bidan ditingkat Puskesmas agar mampu melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim. Pelatihan dimulai dari beberapa Puskesmas di Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur.
Ditargetkan dalam waktu tiga tahun ke depan, 80 persen wanita usia 20-55 tahun bisa melakukan deteksi dini kanker leher rahim. Dengan begitu, POGI cabang Mataram bertekad mencanangkan NTB bebas kanker leher rahim. Selain di kalangan wanita yang sudah menikah, kalangan pelajar dan mahasiswa juga akan disasar untuk diberi penyuluhan mengenai kanker leher rahim yang disebabkan virus. ‘’Melalui forum ini diharapkan peserta bisa menyebarluaskan pentingnya deteksi dini kanker leher rahim,’’ kata Dokter Dody.
Selain penyuluhan deteksi dini kanker leher rahim dengan narasumber Dr I Made Juliawan SPOG, peringatan Hari Kartini tahun 2013 akan diisi kegiatan pemeriksaan infeksi asam asetat pada hari Sabtu (13/4) di Puskesmas Mataram bekerjasama dengan POGI Mataram, penyuluhan daur ulang sampah bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan pada tanggal 15 April 2013, bhakti sosial di Lingkungan Karang Pule, Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Sekarbela, dan puncak peringatan akan dimeriahkan lomba nasi tumpeng pada hari Sabtu (20/4). (rin/odink mita foto humas)



Sumber :