Kelurahan Monjok Timur

Data & Profil Wilayah/Kelurahan



Profil Kelurahan

Berdasarkan peraturan daerah (Perda) Kota Mataram No. 3 Tahun 2007 tentang pemekaran Kecamatan dan Kelurahan, Kecamatan Selaparang merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Mataram menjadi 2 kecamatan yaitu Kecamatan Selaparang dan Kecamatan Mataram. Sedangkan  Kelurahan Monjok Timur  yang terbentuk pada Bulan Mei 2007  awalnya dikenal dengan nama Kelurahan Monjok. Kelurahan Monjok Timur  sendiri  merupakan hasil pemekaran dari Kelurahan induk yaitu Kelurahan Monjok .

Dari terbentuknya kelurahan Monjok Timur  hingga sekarang telah dipimpin oleh 4 lurah yaitu:

1. Drs. Sirajudin As’ad  dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2010

2. Edy Supriyanto, SH  dari  tahun 2010 sampai dengan Mei 2016

3. Irwan Rahadi, S.STP  dari Mei  Tahun 2016 sampai dengan September tanggal 30 sebagai pelaksana Tugas.

4. Muhamad Nur, S.Sos dari tanggal 30 September 2016 Sampai saat ini.

 

FOTO KANTOR KELURAHAN MONJOK TIMUR

 

Untuk diketahui bahwa Kelurahan Monjok Timur terbagi menjadi 6 Lingkungan yang dipimpin oleh kepala lembaga Kemasyarakatan sebagai berikut :

1. Sukarno,Spd - Kepala Lembaga Kemasyarakatan lingkungan Monjok Baru Timur.

2. H. Ardin Mardita,SH - Kepala Lembaga Kemasyarakatan Lingkungan Monjok Baru.

3. Mahyadi - Kepala Lembaga Kemasyarakatan Lingkungan Karang Tatah.

4. I Putu Sandiartha,Spd - Kepala Lembaga Kemasyarakatan Lingkungan Gubug Batu.


Gambaran Umum

Kelurahan Monjok Timur merupakan salah satu kelurahan dari 9 kelurahan yang berada di Kecamatan Selaparang dengan luas wilayah sekitar 0,68 Km2/ 68 Ha dengan batas-batas sebagai berikut :

Posisi Kelurahan Monjok Timur secara Administratif dibatasi oleh :

Batas sebelah Utara

: Kelurahan Monjok

Batas sebela Selatan

: Kelurahan Pejanggik

Batas sebelah Barat

: Kelurahan Monjok

Batas Sebelah Timur

: Kelurahan Karang   Taliwang

 

 

Luas wilayah seperti di atas telah diatur dalam suatu tata ruang yang terdiri dari :

Lahan pertanian  :  - Ha

Pekarangan         :  13 Ha

Pemukiman         :  41 Ha

Kuburan              :  1 Ha

Perkantoran        :  8 Ha

Fasilitas umum    :  2 Ha

 

Karena letaknya yang sangat strategis, maka cukup membantu masyarakat dalam melaksanakan segala aktivitasnya, dimana jarak antara :

Pemerintahan Kecamatan    :  ± 1.50 Km

Pemerintahan Kota              :  ± 0.70 Km

Pemerintahan Propinsi         :  ± 0.55 Km

Pusat Perbelanjaan               :  ± 0,40 Km.

 

Kelurahan Monjok Timur secara administratif terdiri dari 6 lingkungan dan 25 RT yaitu :

Lingkungan Mjk Baru Timur  :  4 RT

Lingkungan Monjok Baru      :  5 RT

Lingkungan Karang Tatah     :  4 RT

Lingkungan Gubug Batu        :  5 RT

Lingkungan Mambe               :  5 RT

Lingkungan Karang Sibetan   :  2 RT


Tupoksi

NAMA           : MUHAMAD  NUR, S. Sos

JABATAN       : LURAH

UNIT KERJA   : KELURAHAN MONJOK TIMUR

1. Lurah mempunyai tugas pokok memimpin, merencanakan, mengatur, mengendalikan dan mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,

2. Untuk melaksanakan tugas pokok Lurah mempunyai fungsi :

a. Perumusan dan penetapan visi, misi dan program kerja Kelurahan,

b. Pengkoordinasian penyusunan Rencana Kerja Anggaran/ Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/ DPA) dan Penetapan Kinerja Kelurahan,

c. Pelaksanaan koordinasi, informasi dan sinkonisasi pelaksanaan tugas  Kelurahan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan atau Instansi terkait,

d. Pelaksanaan pengaturan, pembinaan pengawasan dan pengendalian terhadap penyelenggaraan kegiatan Pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,

e. Pengkoordinasian pelaksanaan pelayanan masyarakat dan ketatausahaan,

f. Pengkoordinasian pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Bermitra Masyarakat (MPBM) Tingkat Kelurahan,

g. Pelaksanaan pembinaan dan koordinasi lembaga Kemasyarakatan,

h. Pelaksanaan pembinaan manajemen Kepegawaian lingkup Kelurahan,

i. Pelaporan pelaksanaan tugas kepada Walikota melalui Camat,

j. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

 

 

NAMA           : HJ. BAIQ SEKARNILAWANGI, SE

JABATAN       : SEKRETARIS

UNIT KERJA   : KELURAHAN MONJOK TIMUR

 

1. Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang mempunyai tugas pokok melaksanakan penyelenggaraan ketatausahaan dan memberikan pelayanan teknis administratif kepada unit kerja Pemerintah Kelurahan dan masyarakat.

2. Untuk melaksanakan tugas pokok Sekretaris mempunyai fungsi :

a. Pengkoodinasian penyusunan rencana dan pogram kerja Kelurahan,

b. Penyiapan bahan pengkoordinasian penyusunan Rencana Kerja Anggaran/ Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/ DPA) dan penetapan kinerja Kelurahan,

c. Pelaksanaan pelayanan Teknis Administratif kepada seluruh Unit Kerja lingkup Kelurahan,

d. Penyiapan bahan pedoman dan petunjuk tata laksana administrasi umum,

e. Pelaksanaan dan penjabaran kebijakan teknis penyelenggaraan administrasi umum, peencanaan, keuangan, kepegawaian dan perlengkapan,

f. Pelaksanaan koordinasidan konsultasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait terhadap pelaksanaan urusan perencanaan, keuangan, umum dan kepegawaian,

g. Pengkoordinasian penyusunan laporan pelaksanaan tugas Kelurahan,

h. Pelaksanaan pengaturan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian administrasi umum, perencanaan, keuangan, kepegawaian dan perlengkapan,

i. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas kesekretariatan,

j. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

 

 

NAMA           : H. LALU SELAMAT

JABATAN       : KEPALA SEKSI PEREKONOMIAN

UNIT KERJA   : KELURAHAN MONJOK TIMUR

 

1. Seksi Perekonomian, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan bidang perekonomian,

2. Untuk melaksanakan tugas pokok Kepala Seksi Perekonomian mempunyai fungsi :

a. Penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Program Kerja Seksi,

b. Penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis dibidang Perekonomian,

c. Penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi dibidang Perekonomian termasuk Pemberdayaan ekonomi rakyat dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Instansi terkait,

d. Pengumpulan, pengolahan dan analisa data bidang Perekonomian,

e. Fasilitasi terhadap pelaksanaan kebijakan Walikota dibidang Perekonomin sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku,

f. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi,

g. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

NAMA            : MUKTI ALI, ST

JABATAN       : KEPALA SEKSI FISIK, SARANA DAN PRASARANA

UNIT KERJA   : KELURAHAN MONJOK TIMUR

1. Seksi Fisik, Sarana dan Prasarana dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan pembangunan fisik, sarana dan prasarana,

2. Untuk melaksanakan tugas Kepala Seksi Fisik, Sarana dan Prasarana mempunyai fungsi :

a. Penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Program Kerja Seksi,

b. Penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis dibidang Fisik, Sarana dan Prasarana,

c. Penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi dibidang Fisik, Sarana dan Prasarana termasuk pemeliharaan Fasilitas Umum dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah dan instansi terkait,

d. Pengumpulan, pengolahan dan analisa data bidang Fisik, Sarana dan Prasarana,

e. Fasilitasi terhadap pelaksanaan kebijakan Walikota dibidang Fisik, Sarana dan Prasarana sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku,

f. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi,

g. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

NAMA           : Drs. AHMAD

JABATAN       : KEPALA SEKSI SOSIAL DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

UNIT KERJA   : KELURAHAN MONJOK TIMUR

1. Seksi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat,

2. Untuk melaksanakan tugas pokok Kepala Seksi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, mempunyai fungsi :

a. Penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Program Kerja Seksi,

b. Penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan dan pelayanan dibidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat,

c. Penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi dibidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Instansi terkait,

d. Pengumpulan, pengolahan dan analisa data bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat,

e. Penyiapan bahan koordinasi pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Bermitra Masyarakat (MPBM),

f. Fasilitasi terhadap pelaksanaan kebijakan Walikota dibidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku,

g. Pelaksanaan pembinaan dan koordinasi lembaga kemasyarakatan,

h. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi,

i. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

NAMA            : AGUSTINI, SH

JABATAN       : KEPALA SEKSI PEMERINTAHAN

UNIT KERJA   : KELURAHAN MONJOK TIMUR

1. Seksi Pemerintahan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan administrasi pemerintahan, kependudukan, pertanahan, serta ketentraman dan ketertiban umum,

2. Untuk melaksanakan tugas pokok Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai fungsi :

a. Penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Progam Kerja Seksi,

b. Penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis pengelolaan dan pelayanan administrasi pemerintahan, kependudukan, pertanahan serta ketentraman dan ketertiban umum,

c. Penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi dibidang administrasi pemerintahan, kependudukan, pertanahan serta ketentraman dan ketertiban umum dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah atau Instansi terkait,

d. Pengumpulan, pengolahan dan analisa data bidang administrasi pemerintahan, kependudukan, pertanahan serta ketentraman dan ketertiban umum,

e. Pelaksanaan pelayanan administrasi pemerintahan, kependudukan, pertanahan, ketentraman dan ketertiban umum,

f. Fasilitas terhadap penerapan dan penegakan Peraturan Perundang-undangan lingkup Kelurahan,

g. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi,

h. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuia dengan bidang tugasnya.

 

 

 


Struktur Organisasi


Visi Misi

Visi :

Aspiratif, Partisipasif, Demokratis, Sehat Sejahtra, Mandiri Dalam Suasana Yang Maju Religius Dan Berbudaya.

Misi :

a. Pemberdayaan Ekonomi rakyat

b. Peningkatan Fungsi dan Peran Serta Lembaga Kemasyarakatan dan Lembaga Sosial Kelurahan Guna Mewujudkan Masyarakat Sehat Sejahtra

c. Mengerakkan dan meningkatkan Pendidikan Masyarakat Sejak Dini Melalui Pendidikan Formal Dan Non Formal

d. Melestarikan Kambtibmas

e. Memantapkan Koordinasi, Singkronosasi Dan Komunikasi Dengan Stekholder Dan Instansi Terkait.


Program Kerja

Program kerja yang disusun tetap mengacu kepada visi, misi, tujuan, sasaran, strategi dan kebijaksanaan kelurahan di samping  tetap memperhatikan kepada kerangka acuan program pembangunan Kota Mataram, baik program umum, program prioritas maupun program unggulan.

 

Untuk diketahui bahwa program pembangunan yang telah disusun oleh Pemerintah Kota Mataram adalah :

a. Peningkatan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas);

b. Penataan dan pembinaan kependudukan;

c. Peningkatan kualitas sumber daya manusia;

d. Pengembangan wilayah dalam kerangka pemberdayaan ekonomi rakyat berbasis potensi lokal;

e. Peningkatan pertumbuhan sektor perdagangan dan jasa;

f. Perwujudan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik;

g. Pembinaan dan penegakan kesadaran hukum masyarakat;

h. Penyediaan dan peningkatan sarana dan prasarana perkotaan;

i. Penataan supra struktur dan infra struktur pemerintahan;

j.Penataan kawasan pemukiman dan pelestarian lingkungan hidup.


Data Monografi

Penduduk Kelurahan Monjok Timur menurut data per Desember tahun 2015 adalah 5574 jiwa dengan 1.718 KK dengan luas wilayah 68Ha, dengan rincian jumlah penduduk laki-laki = 2664  jiwa dan perempuan = 2910  jiwa.


Potensi Wilayah