TUPOKSI DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KOTA MATARAM
 Tugas dan Fungsi Kepala Dinas

Kepala Dinas mempunyai tugas pokok memimpin, merencanakan, mengawasi, mengendalikan danmengkoordinasikan kegiatan Dinas dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah di bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana.
Kepala Dinas mempunyai fungsi :
a. perumusan dan penetapan visi, misi dan rencana strategis serta program kerja Dinas;
b. perumusan kebijakan teknis di bidang pengendalian kualitas penduduk dan keluarga berencana;
c. pelaksanaan norma, standard, prosedur dan kriteria di bidang pengendalian kualitas penduduk dan keluarga berencana;
d. pengkoordinasian penyusunan Rencana Kerja Tahunan, Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/DPA) dan Penetapan Kinerja Dinas;
e. pelaksanaan pemaduan dan singkronisasi kebijakan pengendalian kualitas penduduk;
f. pelaksanaan pemetaan perkiraan pengendalian penduduk;
g. pelaksanaan advokasi, komunikasi, informasi dan edukasi pengendalian kuantitas penduduk dan keluarga berencana;
h. pelaksanaan pendayagunaan tenaga penyuluh KB/Petugas Lapangan KB dan Kader KB;
i. pelaksanaan pengendalian dan pendistribusian kebutuhsan alat dan obat kontrasepsi;
j. pelaksanaan pelayanan KB;
k. pelaksanaan pemberdayaan dan peningkatatan peran serta organisasi kemasyarakatan dalam pelaksanaan pelayanan, pembinaan kesertaan ber KB, pembinaan Ketahanan dan kesejahteraan keluarga;
l. penyelenggaraan urusan kesekretariatan;
m. pembinaan kelompok jabatan fungsional;
n. penyelenggaraan koordinasi, informasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas Dinas dengan perangkat daerah dan instansi terkait;
o. pelaksanaan kerjasama dengan pihak lain baik Instansi Pemerintah, Lembaga Organisasi Swadaya Masyarakat dan/atau swasta;
p. pengkoordinasian pengelolaan ketatausahaan Dinas;
q. pelaksanaan pembinaan teknis dan administrative terhadap UPTD;
r. pelaksanaan monitoring dan evaluasi di bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana;
s. pelaporan pelaksanaan tugas kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah; dan
t. pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh Walikota sesuai dengan bidang tugasnya.
 Tugas dan Fungsi Sekretariat Dinas
Sekretariat Dinas dipimpin oleh seorang Sekretaris yang mempunyai tugas pokok melaksanakan
koordinasi kegiatan penyusunan rencana program dan anggaran, penyelenggaraan urusan
ketatausahaan rumah tangga, kepegawaian, hukum, organisasi dan hubungan masyarakat serta
penyelenggaraan urusan keuangan, perbendaharaan, akuntasi, verifikasi, ganti rugi, tindak lanjut
LHP dan pengelolaan sarana dalam lingkungan Dinas.
Sekretaris mempunyai fungsi :
a. pelaksanaan penyusunan Rencana Strategis, Rencana Kerja Tahunan dan Penetapan
Kinerja lingkup Dinas;
b. pelaksanaan penyusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran
(RKA/DPA) dan Program Kerja Dinas;
c. pelaksanaan koordinasi kegiatan di lingkungan Dinas;
d. penyusunan rencana program dan anggaran;
e. penyelenggaraan urusan ketatausahaan rumah tangga, kepegawaian, hukum, dan
organisasi serta hubungan masyarakat;
f. penyelenggaraan urusan keuangan, perbendaharaan, akuntasi, verifikasi, ganti rugi,
tindak lanjut LHP dan pengelolaan sarana;
g. pelaksanaan pelayanan Teknis Administratif kepada seluruh Unit Kerja lingkup Dinas;
h. perumusan pedoman dan petunjuk tata laksana administrasi umum;
i. pengkoordinasian penyusunan Standar Pelayanan Minimal dan Standar Prosedur Tetap
Pelaksanaan kegiatan lingkup Dinas;
j. perumusan dan penjabaran kebijakan teknis,penyelenggaraan administrasi umum,
perencanaan, keuangan, kepegawaian dan perlengkapan;
k. pengkoordinasian penyusunan laporan pelaksanaan tugas Dinas;
l. pengkoordinasian pelaksanaan pengembangan system informasi manajemen Sosial
sesuai ketentuan yang berlaku;
m. pelaksana koordinasi, konsultasi dan sinkronisasi penyelenggaraan tugas
kesekretariatan dengan
Perangkat Daerah dan/atau Instansi terkait;n. pelaksanaan pengaturan, pembinaan dan
pengelolaan administrasi umum, perencanaan, keuangan, kepegawaian dan perlengkapan;
o. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas kesekretariatan;
dan
p. pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang
tugasnya.

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Logo HUT NTB 2017Website Elektronik Warta Kota Mataram

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 4,161 Visit
Kemarin : 5,584 Visit
Bulan Ini : 97,967 Visit
Tahun Ini : 544,159 Visit
Total : 546,879 Visit
Detail Statistik