Seni Pertunjukan Di Arena Budaya

KESENIAN dan budaya sebuah daerah bisa mencirikan jati diri daerah tersebut. Kesenian dan budaya merupakan gerbang utama untuk menarik perhatian para wisatawan untuk melakukan kunjungan ke daerah tersebut. Juga bersifat mempererat tli persahabatan dan kebersamaan dalam masyarakat. Seperti diketahui bersama, indonesia memiliki beragam kesenian dan budaya yag tersebar di seluruh provinsi dan daerah-daerah. Tiap daerah tentu saja memiliki kesenian dan kebudayaan masing-masing.

Kesenian dan budaya tersebut banyak dikenal oleh masyarakat melalui banyak cara. Mulai dari membaca buku, majalah atau koran. Ada juga yang mengetahinya melalui  tontonan pertunjukan secara langsung ataupun melalui media televisi. Dengan begitu, masing-masing masyarakat yang berasal dari daerahnya dapat saling mengenal kesenian dan kebudayaan dari daerah lain, bagitu pula sebaliknya.

Kota mataram sebagi ibukota provinsi  Nusa Tenggara Barat hingga kini masih terus memberikan perhatian terhadap perkembangan dan kemajuan kesenian dan kebudayaan yang ada di kota ini. Bukan hanya kesenian dan kebudayaan yang berasal dari pulau lombok saja, namun juga kesenian yang berasal dari bali, sumbawa dan Dompu-bima.

Untuk memperkenalkan kesenian dan kebudayaan yang anda, terdapat sebuah gedung yang biasa disebut dengan nama gedung arena budaya.

Arena budaya kerap dijadikan lokasi dalam melakukan pertunjukan kesenian dan kebudayaan. Jenisnya pun sangat beragam. Mulai dari pertunjukan seni musik, seni tari, seni lukis, seni peran atau teater, seni fotografi maupun bentuk-bentuk kesenian lainnya. Arena buadaya dibangun bertujuan untuk memberikan informasi tentang seeni dan budaya, ajng belanja dan bertukar pengetahuan dan wadah untuk mengembangkan bakat warga dan masyarakat yang ada di kota mataram dan NTB umumnya.

Tidak sia-sia, keberadaan arena bud aya hingga saat ini telah banyak memberikan dampak posotif bagi kmajuan kesenian dan kebudayaan di Mataram. Arena budaya hingga kini telaah menjadi wadah mempertunjukkan beragam kesenian serta bermacam-macam kebudayaan kepada masyarakat mataram. Selain masyarakat yang berasal dari kota mataram, pertunjukan seni dan budaya yag kerap menggali informasi tentang beragam kebudayaan dan kesenian yang ada.

Bahkan tidak jarang dari para wiasatawan tersebut belajar beberapa kesenian serta kebudayaan yang sering dipertunjukkan di gedung ini. Wisatawan yang datang berlibur ke kota ini berasal dari berbagai daerah di indonesia, namun yang terbayak dari mancanegara.

Jika anda berkunjung ke gedung arena budaya ini, tentunya akan menyenangkan dengan menyaksikan berbagai jenis kesenian yang dipertunjukkan di sini. Selain itu, tentu pengetahuan anda akan kesenian an budaya yang berasal dari lombok, bali, dompu-bima dan sumbawa, semakin bertambah.

Lokasi gedung arena budaya berada di pusat kota mataram. Untuk mencapai lokasi ini, anda bisa menggunakan taksi menuju jalan majapahit. (Sumber : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram / Buku Ayo Ke Mataram).

 

 

 

  • Halaman :  
  • 1
  • 2
  • 3

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Logo HUT NTB 2017Website Elektronik Warta Kota Mataram

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 4,993 Visit
Kemarin : 5,584 Visit
Bulan Ini : 98,799 Visit
Tahun Ini : 544,991 Visit
Total : 547,711 Visit
Detail Statistik